#2 Pengalaman Operasi Amandel | Serem Gak Sih?

     Jadi, setelah amandelku sudah mulai jinak alias bengkaknya udah mengempis. Aku balik lagi ke rumah sakit untuk membuat jadwal operasi sama dokternya. Sebelum operasi kalian mungkin akan melakukan pengecekan darah, rontgen, dan mesti juga ke dokter penyakit dalam. Pokoknya perjalanan mau operasinya panjang banget. Belum lagi setelah pengecekan darah dan lain-lain, pihak rumah sakit membuatku menunggu lama karena "antrian", dan dalam waktu menunggu itu tenggorokanku mulai bereaksi lagi, sudah mulai sakit lagi. Akhirnya kami telpon pihak RS untuk cepat mengetahui kapan jadwal operasi aku. Finally aku mendapatkan tanggal operasi.



19 Maret 2019
     Ditanggal ini aku akan dijadwalkan operasi pada jam 3 sore. Jadi paginya aku harus sudah datang untuk persiapan. Aliran untuk selang infus udah dipasang, aku udah ada di kamar untuk menunggu sampai jam 3 sore, waktu itu masih sekitar jam 8 pagi. Perawat datang membawakan sabun dan baju untuk operasi nanti. Sabunnya untuk mandi, jadi sebelum operasi kalian mesti mandi dulu, biar bersih loh. Nah disini juga kalian mesti puasa 6 jam sebelum operasi. Gak boleh makan maupun minum. Kalau kalian nakal gitu makan atau minum sedikit pun, nanti pasca operasi bakalan mual banget, karena efek dari bius total loh. Jadi nurut aja ya!

Jam 3 sore
    Akhirnya yang ditunggu telah tiba. Puasa udah, pake baju operasi udah (oh ya btw daleman kalian dilepas ya. sama segala perhiasan). Aku berbaring di kasur dan didorong ke ruangan operasi, ya elah malu diliatin sama orang-orang sebenernya, tapi udahlah ya.
    Jadi aku udah masuk melewati pintu, aku kira langsung masuk ruangan operasi kan, taunya aku ditahan di depan pintu dulu untuk dituntun berdoa bersama kedua orang tuaku. Setelah selesai aku disuruh nunggu sebentar di bagian "pra-operasi" gitu kalo gak salah sih, maaf kalo aku salah. Disitu kenapa nunggu, ya karena mereka mau persiapan lah. Eh sebelumnya aku pindah ranjang ya, awalnya ke ranjang yang dari kamar, trus pindah ke ranjang yang ada di tempat operasi dan aku diselimutin sama selimut yang udah diangetin. Aku didorong lagi ke ruang operasi yang sesungguhnya.

Diruang Operasi
     Kalian tau :)? ruangannya bener-bener dingin, yang dipake di badan cuma baju operasi doang loh, yang ada tali dibelakangnya. Badanku sampe menggigil dari atas sampe bawah. Dan aku dipindahkan lagi ke "meja operasi". Disana salah satu dokternya memasangkan aku alat apa sih itu namanya, yang ditempelin di dada buat mantau kondisi aku gitu loh. Pokoknya gitu ya haha. Dan dokter THTnya nyuruh aku untuk tarik nafas, karena dia udah mulai masukin obat bius melalui infus. 
     Nah disini, pengalaman yang paling buat orang penasaran, apalagi untuk orang yang gak pernah dioperasi + di bius total kayak aku. Obat bius dimasukkan melalui punggung tangan. Saat obat bius itu masuk ke tubuh, rasanya sakit banget sampe setengah dari tangan. Setelah itu tangan aku mulai mati rasa. Biusnya merambat ke lengan, lengan mati rasa. Trus ke mata, itu rasanya kayak kamu dipaksa buat memejamkan mata, mata bener-bener berat, dipaksain melotot juga bakal nutup (aku maksain melotot gitu loh soalnya). Dan saran ku, setelah obat bius itu masuk ke tubuh, menyerahlah kepada Allah. Jangan dipaksa. Paksa buat melek, atau paksa buat tetap bernafas. Ya kalian akan merasakan sensasi dimana nafas kalian atau nyawa kalian seperti ditarik, karena sebelum aku benar-benar terbius, aku maksain buat nafas, padahal gak bisa, jadi megap megap gitu loh. Setelah aku tau itu gak bakal bisa, dalam hati aku bilang "Ku serahkan semuanya kepada-Mu Ya Allah". Dan setelah itu semuanya gelap.           

Bersambung...

Bagian ke-3 aku bakalan ceritain pasca operasi ya. Maaf aku bagi-bagi gitu ceritanya, karena kalau aku jadiin satu bakalan panjang. Karena aku mau cerita secara detail apa yang aku alami waktu itu. Agar kalian yang kondisinya sama kayak aku, bisa tau apa yang sebenarnya terjadi.

Komentar

Postingan Populer