#3 Pengalaman Operasi Amandel | Serem Gak Sih?

..... Aku mendengar suara dokter memanggilku. "Afifa...Afifa... operasinya sudah selesai.... bla bla bla bla." Sisanya aku gak denger dokternya bilang apa. Karena masih dalam pengaruh bius. Aku sadar bahwa aku sudah di ruangan pasca operasi. Tapi mataku rasanya males banget buat ngebuka. Jadi aku mejem lagi. Setelah dirasa mata ku cukup kuat untuk ngebuka. Aku lihat jam. Dan!!! Aku shock. Masuk ruang operasi jam 3 sore, dan saat aku membuka mata itu udah jam 7 malam. Benar kata orang, rasa operasi yang di bius total itu kayak jentikan jari doang. Tapi nyatanya LAMA. Selang oksigen masih di hidung. Infus pastinya udah dipasang. Ada dokter/perawat gitu, datengin aku nanya-nanya. Tapi entah ini boleh ngomong apa enggak, jadi aku diem aja. Eh si tenggorokan pake gatel lagi, mau batuk, ya gilak abis operasi amandel trus batuk, pendarahan heeeyy. Jadi pas aku mau batukin, dokter/perawatnya bilang jangan. Okey, dari situ aku mesti tahanin kalo mau batuk. sedih.

Setelah full melek, aku balik ke kamar. Yaaa.. di dorong lagi gitu. Dan disana ada ayah dan ibu sudah nunggu. Dan di gelang tangan pasienku dikasih tulisan "fall risk".

Dasar si Afifa ini emang suka begadang, bukannya abis operasi itu istirahat lagi. Ini malah minta kertas sama pena. Karena penasaran dokter bilang apa ke orang tuaku. Jadi aku nanya deh.

amandelku

Please, jangan jijik ya. Itu adalah amandel aku yang udah pisah sama tubuh aku. Tapi katanya sih lebih gede lagi dari yang difoto. Itu udah sedikit menciut. Jadi intinya, kata dokter, agak kesulitan buat angkat amandel aku, karena lengket gengs. Dokternya bilang ya wajar aja, karena aku udah punya nih amandel nakal dari sejak SD sampe aku udah umur 20an. Padahal ya, aku tuh mau selfie dulu sama amandelku, tapi malah keburu dibawa buat diperiksa jaringannya. hmm.

Keadaan saat dirawat selama 3 hari...
Hari pertama itu aku masih ditungguin. Ke toilet masih dituntun. Buka dan pake pakaian masih ditolong sama ibuk. Tapi dihari kedua dan hari ketiga udah enggak lagi. Bahkan kalo bisa dibilang aku termasuk pasien yang gak bisa diem. Pasien lain jam 7 masih tidur, aku malah mandi. Berhubung ada air panas kannn.. mandi digiliran pertama itu enak banget, bisa lama-lama. Disana udah bodo' amat sama orang. Lewat gak pake jilbab. Mau gimana lagi soalnya. Itu buka RS khusus perempuan muslim kan. Jadi udahlah. Kalau sempet pake jilbab ya pake, kalo enggak maafkan aku Ya Allah. 

Terus setelah mandi bukannya istirahat, malah beresin ranjang tempat aku tidur. Ini pasien atau mba bersih-bersih ya? Maaf udah kebiasaan kek gitu. Makan sendiri, dan mencoba untuk menghabiskan makanan sebisa mungkin. Makanannya gak terlalu banyak. Tapi untuk menghabiskan makanan segitu butuh 3 jam. Pertama aku harus mengunyahnya selembut mungkin. Kedua aku harus menelannya sambil menahan sakit. 

Kenakalan selanjutnya, karena aku masih ada project dari komunitas. Aku review di RS. Malu tau diliatin gitu, lagi sakit malah review masker hahaha.

Kalau malam hari, aku pernah gak tidur karena infus mau habis. Karena gak ada yang nunggu aku mesti berjaga-jaga siapa tau habis, aku bisa panggil perawat buat ganti. Tapi pernah karena aku ngantuk banget, sampe darahnya naik. Untung perawat disana selalu periksain setiap pasien kan. Jadi aku kebangun dan perawatnya lagi gantiin infusnya. Makasih banget deh sama perawat disana, sabar banget ngadepin orang gak bisa diem kayak aku. Habisnya aku mencet bel mulu, karena darahnya naik lah, trus infusnya gak jalan. Saking sering gitu, tangan aku jadi ngebengkak kek gini.

tangan kanan ku jadi bengkak

Penderitaan setelah pulang dari RS...
Pantangan yang dikasih sama dokter itu. Aku gak boleh makan yang keras, panas, pedas, dan bumbu yang terlalu kuat. Itu takutnya nanti bekas operasinya luka. Tiap makan sakitnya bukan main. Bahkan dalam 2 minggu aku cuma bisa makan satu sendok. Dan sisanya aku minum air dingin, untuk meredakan sakitnya. Obat gak ketinggalan pastinya. Karena aku makan cuma 1 sendok terus kayak gitu, akhirnya hanya dengan waktu 2 minggu itu berat badanku turun 7kg. Ada suka duka turun kayak gitu. Dukanya, karena turun karena sakit. Sukanya, ya baju dan sepan yang awalnya enggak muat sekarang jadi muat. Dan saatnya untuk mengontrol biar bisa turun lagi dan jaga pola makan.

HOW ABOUT KNOW?
Satu bulan setelah operasi itu adalah mimpi buruk bagi aku yang suka makan ya. Ini sebenernya jarang terjadi, kata dokternya saat aku kontrol ulang, yang aku rasakan ini hanya bersifat sementara. But, ini udah 1 bulan lebih, aku kehilangan indera perasaku. Yaps, betapa frustasinya aku ketika makan, yang aku rasakan hanyalah rasa hambar. Kalian tau kan rasa KFC tuh enak banget. Dan yang ku rasakan, NOTHING. Garam asin kan gengs, tapi gak buat lidahku. Emang ada beberapa makanan yang masih bisa kau rasakan, tapi itu hanya sesaat. Hanya satu sendok terasa, sendok berikutnya hambar. Dan ya, itu membuatku frustasi. Aku yang makan samyang, cabe yang di ayam gepuk, cabe rawit pas makan gorengan, itu makanan pedas yang biasa tingkat kepedasannya bagiku DULU. Tapi sekarang, saos sambel aja udah bikin aku nangis kepedesan. Well, cuma pedesnya doang yang terasa dilidah, rasa UMAMInya kagak ada. Nyakitin banget. Yaps, ini mencoba untuk pergi ke dokter lagi, tapi masih belum ada waktu. Tapi Inshaallah bakal periksa, yang salah di lidah aku? hidung? atau saraf perasaku? who knows :) Doakan saja ya, supaya aku bisa menikmati rasa makanan lagi, tanpa harus tanya ke orang yang makan sama aku gimana rasa makanan yang aku makan, biar aku bisa membayangkan rasa makanan itu gimana.

Note : hilang indera perasa itu normal katanya, hanya bersifat sementara. aku bukan nakutin kalian. tapi aku hanya kasih tau kondisi yang aku rasakan. karena kalau kalian takut operasi amandel, sedangkan amandel kalian selalu meradang, itu juga gak bakal bagus. Semangat buat kalian yang mungkin disuruh dokter untuk angkat amandel ya. Aku jujur kepada kalian, OPERASI AMANDEL TIDAK SESERAM YANG SEPERTI MEREKA CERITAKAN (TERMASUK YG AKU CERITAKAN)

End.







Komentar

Postingan Populer